Labels

Monday, April 14, 2014

Bahaya TYPUS

sekedar info buat teman yang kebetulan mampir di blog saya......


saya pernah mengalami penyakit thypus....hari pertama sebelum aku tau kalau aku terkena thypus , aku kira cuman kena demam biasa. tapi berhubung hari keduanya demam ku gak turun juga akhirnya aku putuskan untuk ke dokter. pas pergi ke dokter aku diperiksa dan disuruh untuk tes darah di lab. setelah aku melakukan tes darah dan melihat hasilnya ternyata aku terkena thypus. dan lebih kagetnya lagi penyakit thypus yang awalnya ku kira cuma penyakit biasa, ternyata juga bisa menyebabkan kematian karena pendarahan yang terjadi di usus. jadi buat teman-teman yang menderita thypus perhatikan hal-hal dibawah ini ya .

Pantangan : 
- Sayur – sayuran tinggi serat (bayam, kangkung, dll)
- Pedas (cabe, merica)
- Pada lima hari pertama buah – buahan juga tidak diperkenankan, kecuali air jeruk yang 

Makanan rendah serat, dengan nilai gizinya perlu cukup kalori dan protein, namun dalam bentuk cair atau lunak. Contohnya bubur bayi, bubur beras, bubur sumsum, lontong, roti tawar/manis, biskuit. Bila mencret tidak boleh minum susu tetapi bila tidak sangat dianjurkan.

- Protein yang mudah dicerna seperti telur rebus, sop ayam tanpa sayur, soto ayam, semur ayam atau daging, dan bakwan tanpa saos.

Makanan yang dianjurkan untuk penderita typus adalah makanan yang berasal dari olahan susu, jus, sup dan banyak air mineral. Selain itu telur, ikan, daging unggas, keju, madu, permen, jelly, rumput laut, bayam, melon, terong termasuk jenis makanan yang boleh dan aman dikonsumsi oleh penderita typus.
 jadi intinya kalau sudah terkena thypus jangan mengkonsumsi makanan yang sifatnya susah dicerna ya.........

No comments:

Post a Comment