Labels

Friday, May 4, 2018

produk pangan fungsional tanaman Kalakai/kelakai

PENDAHULUAN
Potensi lahan basah di Indonesia masih belum banyak tergali. Kalimantan Selatan merupakan daerah yang mempunyai sebaran lahan rawa (rawa air tawar dan rawa gambut) yang cukup luas, yaitu 287.000 ha atau rawa gambut mencakup daerah yang luas di dataran rendah Kalimantan dengan taksiran beragam antara 8 % - 11% (MacKinnon dalam MacKinnon dan Artha 1981; Soeprapto dan Driessen 1976 dalam MacKinnon et al 2000) dari seluruh luas wilayah yang ada. Tanah gambut menunjukan adanya formasi hutan khas dengan flora yang agak terbatas, (Anderson, 1972 MacKinnon et al (2000)). Lahan rawa yang cukup luas itu ditumbuhi oleh berbagai macam jenis paku-pakuan, dan salah satunya tumbuhan Kalakai (Stenochlaena palustris (Burm F)Bedd). Kalakai di Kalimantan Selatan memiliki sebaran yang sangat banyak dan umumnya belum banyak dimanfaatkan. Pemanfaatan tumbuhan ini hanya untuk sayuran saja dan menurut Soendjoto (2002) dijelaskan bahwa kalakai merupakan makanan bekantan (Larvatus nasalis). Pangan fungsional diartikan sebagai kumpulan makanan yang terbukti mampu mempertahankan fungsi biologis, baik tunggal (single) maupun berkali-kali untuk meningkatkan (improve) kesehatan.
Pangan fungsional mempunyai karakteristik sebagai makanan yaitu karakteristik sensorik, baik warna, tekstur, dan citarasanya, serta mengandung zat gizi disamping mempunyai fungsi fisiologis bagi tubuh. Di konsumsi layaknya makanan sehari-hari berupa makanan atau minuman (Sampoerno dan Dedi Fardiaz, 2001). Fungsi fisiologis yang diberikan antara lain mengatur daya tahan tubuh, mengatur kondisi fisik, mencegah penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan makanan. Menurut data TAD (1981) dalam MaCKinnon (2000) kalakai adalah tumbuhan sebagai sumber makanan suku Dayak Kenyah di Long S Barang (Apo Kayan) dan Long Segar (S. Telen) Kalimantan Timur, bagian yang diambil batang dan daun. Secara spesifik, kalakai yang digunakan oleh suku dayak untuk mengobati anemia belum pernah diteliti, tetapi memberikan bukti yang nyata secara empiris (etnobotani). Kelakai berkhasiat mencukupi Fe pada ibu menyusui dan balita, pereda demam, mengobati sakit kulit, dan juga sebagai pencuci perut. Umumnya kandungan senyawa aktif seperti alkaloid dan steroid diduga berperan bilamana terkait dengan kulit. Selain diduga adanya flavonoid terkait dugaan keberadaan senyawa anti oksidan seperti vitamin A dan C. Pada bagian lain potensi tersebut mampu dikembangkan sebagai komoditas unggulan atau bahan dasar komoditas industri khususnya industri pangan yang saat ini mengacu pada trend back to nature, perlu diteliti dan dikaji secara ilmiah dengan metodologi yang tepat serta mengacu pada SOP yang berlaku.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi ilmiah tentang potensi tumbuhan kalakai (Stenochlaena palustris (Brum. F) Bedd) untuk dijadikan pangan fungsional. Informasi ilmiah adalah sebagai berikut : Golongan senyawa metabolit primer (lemak, protein) dan sekunder (Flavonoid, Steroid, Alkaloid) di dalam jaringan komponen tumbuhan kalakai. Variasi kandungan vitamin dan mineral terutama besi, perlu dianalisa secara kuantitatif untuk dijadikan dasar untuk menjawab empirical studies yang selama ini berkembang di masyarakat tentang peran fungsional kalakai terhadap anemia karena Fe yang dikandungnya.



METODE PENDEKATAN
Metode pendekatan yang digunakan adalah metode uji proximate (Air, abu, Serat kasar, Protein, Lemak dan Karbohidrat), Uji Mineral (Fe dan Ca), Uji Vitamin (Vitamin A dan Vitamin C) dan Uji Fitokimia (Alkaloid, steroid dan Flavonoid). Metode pendekatan untuk mengetahui informasi sebaran kalakai adalah dengan pengumpulan data kuantitatif kawasan budidaya pertanian lahan basah pada Kabupaten Barito Kuala yang menjadi titik fokus kajian.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Penelitian dilaksanakan dari bulan April - Oktober 2005, bertempat di Laboratorium Analisis Kimia, Laboratorium Mikrobiologi dan Analisis Bahan Industri Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Pengambilan sample dilakukan diwilayah Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan Persiapan Sampel
            Persiapan sampel dilakukan pada dua bagian Kalakai (batang dan daun). Pekerjaan tersebut meliputi beberapa kegiatan: Pengumpulan bahan baku, Sortasi basah, Pencucian, Perajangan, Pengeringan,Sortasi kering, Ekstraksi. Ekstraksi Alkaloid mengacu pada metode Martono, (1983), ekstrak flavonoid mengacu pada Budzianowski et al (1985) dan ekstraksi Steroid pada metode Bahti et al (1983). semua kegiatan dilaksanakan berurutan.
Uji proksimate Penentuan/Penetapan Kadar Air (AOAC, 1995) : Penetapan kadar air dilakukan dengan mengeringkan pinggan porselin pada suhu 105oC selama 30 menit. Setelah didinginkan di dalam eksikator kemudian ditimbang. Serbuk daun sebanyak 2 gram dimasukkan ke dalam pinggan porselin lalu dikeringkan di oven dengan suhu 105oC selama 2 jam. Kadar air dihitung dengan cara berikut : KA (%) = bobot awal-bobot setelah dikeringkan/bobot awal x 100%.
Uji Kadar Protein (AOAC, 1995) : 2 g sample dalam labu kjeldhal 30 ml. Tambahkan 1,9 g K2SO4, 4 mg HgO dan 3,5 H2SO4. Jika sampel lebih dari 15 mg tambahkan 0,1 H2SO4 untuk setiap bahan organik di atas 15 mg. Didihkan sampel selama 1 – 1,5 jam sampai jernih. Dinginkan, tambahkan sedikit air perlahan, dinginkan dengan menambahkan 5 ml aquadest. Pindahkan isi labu ke alat destilasi. Cuci dan bilas labu 5 - 6 kali dengan 12 ml aquadest, pindahkan cucian ke alat destilasi. Letakkan erlenmeyer 125 ml yang berisi 5 ml asam borat dan 2 – 4 tetes indikator (campuran dua bagian metilen merah 0,2 % dalam alkohol dan satu bagian metilen blue 0,2 % dalam alkohol) di bawah kondensor. Ujung tabung kondensor harus terendam dibawah larutan asam borat. Kemudian tambahkan 8 – 10 ml NaOH 60 % dan Na2S2O8. Lakukan destilasi sampai tertampung kira-kira 15 ml destilat dalam erlenmeyer. Bilas tabung kondensor dengan air dan tampung bilasannya dalam erlenmeyer yang sama. Encerkan isi erlenmeyer kira-kira sampai 50 ml kemudian titrasi dengan HCl 0,1 N sampai warna menjadi abu-abu. %N = ((ml HCl – ml blanko) x N x 14,007 x 100) /mg sample, %protein= %N x 6,25
 Uji kadar lemak (AOAC, 1995) : Contoh bebas air sebanyak 10 gr diekstraksi dengan pelarut Hexan selama 6 jam dalam soxhlet. Hasil ekstraksi diuapkan dengan cara dianginkan lalu dikeringkan dalam oven dengan suhu 40oC sampai kering selanjutnya didinginkan dalam desikator sampai beratnya konstan. Kadar lemak (%) = (B2 /B1) x 100% Keterangan B1 = Bobot contoh awal (gr) , B2 = Bobot lemak (gr)
Uji Kadar serat kasar (AOAC, 1995) : Timbang 2 g bahan kering dan ekstraksi lemaknya dengan soxhlet. kalau bahan sedikit mengandung lemak tidak perlu gunakan 10 g bahan tidak perlu dikeringkan dan ekstraksi lemaknya. Pindahkan bahan ke dalam erlenmeyer 600 ml. Kalau ada tambahkan 0,5 g asbes yang telah dipijarkan dan 3 tetes zat anti buih. Tambahkan 200 ml H2SO4 mendidih (1,25 g H2SO4 pekat/100 ml = 0,255 N H2SO4) atau 7 ml/1000 ml air. Tutuplah dengan pendingin balik, didihkan selama 30 menit sambil digoyang. Saring suspensi lalu residu yang tertinggal dan erlenmeyer dicuci dengan aquadest mendidih. Cucilah residu dalam kertas saring sampai air cucian tidak bersifat asam lagi. Pindahkan secara kuantitatif residu dari kertas saring kedalam erlenmeyer kembali dengan spatula, dan sisanya dicuci dengan larutan NaOH mendidih (1,25 g NaOH/100 ml = 0,313 N NaOH) sebanyak 200 ml sampai semua residu masuk ke dalam erlenmeyer. Didihkan dengan pendingin balik sambil digoyang selama 30 menit. Saring melalui kertas kering diketahui beratnya, sambil dicuci dengan larutan K2SO4 10%. Cuci lagi residu dengan aquadest mendidih, dan lebih kurang 15 ml alkohol 95%. Keringkan kertas saring atau krus Gooch dengan isinya pada 110o C sampai berat konstan (1-2 jam), dinginkan di desikator dan timbang. Berat residu = Berat serat kasar
Uji kadar abu (AOAC, 1995) : Bakar cawan pengabuan di tanur, dinginkan didesikator, dan timbang. Timbang 2 gr sampel dalam cawan tersebut, bakar sampai berwarna abu-abu. Pengabuan dilakukan 2 tahap Pertama suhu sekitar 400o C dan kedua suhu 600o C. dinginkan di desikator kemudian timbang.
Ca (Anton A. 1989) : Pipet 20-100 ml larutan abu hasil pengabuan kering, masukkan ke dalam gelas piala 250 ml. Jika perlu tambahkan 25-50 ml aquadest. Tambahkan 10 ml larutan amonium oksalat jenuh dan 2 tetes indikator merah metil. Buat larutan menjadi lebih sedikit asam dengan menambahkan beberapa tetes asam asetat sampai warna larutan merah muda (pH 5,0). Panaskan larutan sampai mendidih, diamkan selama minimum 4 jam atau semalam pada suhu kamar. Saring menggunakan kertas saring Whatman No.42 dan bilas dengan aquadest sampai filtrat bebas oksalat (jika digunakan HCl dalam pembuatan abu, fitrat hasil saringan terakhir harus bebas Cl dengan mengujinya menggunakan AgNO3. Lubangi ujung kertas saring menggunakan batang gelas. Bilas dan pindahkan endapan dengan H2S04 encer (1+4) panas, kedalam gelas piala bekas tempat mengendapkan kalsium. Kemudian bilas 1 kali dengan air panas dan selagi panas (70o - 8Oo C) titrasi dengan larutan KmNO4 0,01 N sampai larutan berwarna merah jambu permanen yang pertama. Masukkan kertas saring dan lanjutkan titrasi sampai tercapai warna merah jambu. Perhitungan: mgCa/100g sample = Hasil titrasi x 0,2 x total volume larutan abu x 100 Vol larutan abu x berat sample yg diabukan.
Fe (Anton A. 1989) :Pembuatan pereaksi 1. Larutan potasium persulfat jenuh (K2S2O8) : larutkan 7-8 g potasium persulfat bebas besi dengan 100 ml air didalam sebuah botol tertutup gelas, campur merata. Kocok sebelum digunakan dan simpan di dalam kulkas. 2. Larutan potasium tiosianat 3 N : larutkan 146 g KSCN di dalam air dan encerkan sampai 500 ml. Saring jika keruh. Tambahkan 20 ml aseton murni untuk menaikkan „‟ keeping quality‟‟. 3. Larutan besi standar : larutkan 0,702 g kristal FeSO4.(NH2)4SO4.6H2O di dalam 100 ml air. Tambahkan 5 ml asam sulfat pekat, hangatkan sebentar dan tambahkan potasium permanganat pekat tetes demi tetes sampai satu tetes terakhir menghasilkan warna tetap. Pindahkan ke labu takar 1000 ml, bilas dengan air, encerkan sampai tanda tera (konsentrasi standar = 0,1 mg besi/ml larutan). Larutan ini stabil.
Gunakan larutan abu dari hasil pengabuan kering. Kedalam tiga tabung reaksi tertutup yang terpisah masukkan larutan seperti daftar berikut:
 
Masing-masing encerkan sampai volume 15 ml dengan air. Ukur absorban warna dengan spektrofotometer panjang gelombang 480 nm blanko pada 100% transmisi.

Vitamin A (Anton A. 1989) : Hancurkan 10 g contoh/sampel dengan blender, tambahkan aseton lalu diaduk (ekstraksi). Filtrat dipindahkan kedalam labu pemisah dan tambahkan 10 – 15 ml petroleum eter. Pigmen dipindahkan ke dalam fase petroleum eter dengan cara mengencerkan aseton dengan air yang mengandung 5 % Na2SO4 (penambahan sedikit demi sedikit ). Ulangi ekstraksi fase aseton dengan petroleum eter, saring melalui Na2SO4 anhidrans, kepekatan diatur supaya dapat terbaca pada spektrofotometer. Tentukan absorbance pada panjang gelombang (λ) 436 nm.
Vitamin C (Jacobs) : Timbang 200 – 300 g bahan segar dan hancurkan dalam waring blender sampai diperoleh slurry. Timbang 10 – 30 g slurry masukkan ke dalam labu takar 100 ml dan tambahkan aquadest sampai tanda. Saring dengan krus Gooch atau dengan sentifuge untuk memisahkan filtratnya. Ambil 5 – 25 ml filtrat dengan pipet dan masukkan ke dalam erlenmeyer 125 ml. Tambahkan 2 ml larutan amilum 1 % (soluble starch) dan tambahkan 20 ml aquadest kalau perlu, kemudian titrasi lah dengan 0,01 N standard yodium yang mengandung 16 g KI per liter. Perhitungan : 1 ml 0,01 N Yodium = 0,88 mg asam askorbat.
Uji fitokimia : Senyawa yang akan diuji yaitu alkaloid, steroid dan flavonoid.. Golongan senyawa alkaloid dideteksi dengan menyemprotkan pereaksi Dragendorf. Golongan senyawa steroid, dideteksi dengan H2S04 dan asam asetat anhidrat. Sedangkan golongan senyawa flavonoid dideteksi dengan cara melarutkan 10 ml filtrat dengan 0,5 g Mg ditambahkan 2 ml. alkohol klorhidrat dan 20 ml amil alkohol, dikocok dengan kuat, terbentuknya wama merah, kuning, dan jingga pada lapisan amil alkohol, itulah pertanda yang menunjukkan adanya kandungan senyawa flavonoid. Bila deteksi dini menunjukkan hasil positif maka dilanjutkan dengan uji secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan metode spesifik yaitu untuk senyawa alkaloid mengaju pada metode Martono(1983), ekstraksi flavonoid mengacu pada Budzianowski et al (1985) dan ekstraksi steroid dengan metode Bahti et al (1983)
Bahan
Daun dan Batang muda Kalakai, NaOH 1,25%, K2SO4, etanol, H2S04 1,25%, aquadest, K2SO4, HgO,H2SO4, H3BO4, NaOH, HCl, Heksana, besi standar, air, H2S04 pekat, K2S208, KSCN, larutan abu, aseton murni, larutan amoniumoksalat jenuh, indikator merah metil, asamasetat encer, AgN03, H2S04 encer, air panas, KMN04 0,01 N, KI, I2, Amilum, MgCO3, Mg aktif, supercel (1+1), lapisan Na2S04 anhydros setinggi 1 cm, Pereaksi Wagner, Mayers, dan Dragendorf, NH2, CHCl3, etanol, metanol, etil asetat, amilalkohol, besi klorida, formaldehid, asam asetat anhidrat.
Alat
pisau stainless steel, gunting tanaman, baskom, pinggan porselin, eksikator, neraca analitik, oven, Labu kjedahl, alat destilasi, erlenmeyer, kondensor, soxhlet, pendingin balik, kertas saring, cawan porselen, tanur, kuvet, gelas ukur, tabung reaksi, pipet, gelas piala, biuret, kertas saring Whatman No 42, Blender/mortar, water bath, sentrifuge, labu pemisah, labu takar, Sprayer.






















HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil Kadar Air
Hasil analisis kadar air kalakai disajikan pada Tabel 1.



























































Pembahasan
Mitchel, 1991; daun dan jaringan lainnya merupakan sumber hasil asimilasi. Sebagian hasil asimilasi yang telah diproduksi tetap tinggal dalam jaringan untuk pemeliharaan sel. Daun yang sedang berkembang memerlukan hasil asimilasi yang di impornya untuk penyediaan energi dan kerangka karbon yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang sampai daun-daun itu dapat memproduksi hasil asimilasi yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Berdasarkan pernyataan inilah diduga mengapa sebagian besar kandungan senyawa yang dianalisis lebih tinggi jumlahnya pada daun dibandingkan batang. Hasil penelitian Potensi Kalakai sebagai Pangan Fungsional, diketahui Kalakai memiliki kandungan Protein, Lemak dan serat yang sangat berpotensi untuk dikembangkan sebagai pangan fungsional. Keunggulan mineral besi memberikan hasil yang signifikan dan sesuai dengan potensi pada kajian secara empiris. Hasil analisa komponen proximate, kandungan vitamin, mineral dan kandungan senyawa bioaktif yang ada pada tumbuhan tersebut, menunjukkan angka-angka yang bervariasi besarnya antara bagian batang dan daun. Pada beberapa komponen yang dianalisa menunjukkan bahwa angka-angka yang ditunjukkan pada analisa daun lebih besar daripada angka-angka yang ditujukkan oleh bagian batang.
Analisa Proksimate Kadar Air Hasil analisis proksimat kadar air kering ditunjukkan pada tabel 1, yaitu : pada daun dengan kadar air rata-rata sebesar 8,85587 % dan pada batang 7,2756
%. Persentase kadar air tertinggi berdasarkan Tabel 1. terdapat pada bagian daun.
Kadar Abu Persentase rata-rata kadar abu pada bagian daun adalah sebesar 10,3678% lebih besar daripada persentase rata-rata kadar abu bagian batang yaitu 9,1936%. Kandungan abu dan komposisinya tergantung pada macam bahan dan cara pengabuannya (Slamet Sudharmaji, Bambang Haryono, Suhardi, 2003). Abu dalam proses analisis proksimat merupakan sisa pembakaran sempurna dari suatu bahan yang tidak menguap yang didalamnya terdapat beberapa mineral. Mineral tersebut dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan, pembentukan tulang dan gigi, pembentukan rambut, dan kuku (R.B. Ach. Murtada et al., 2002)
Serat Kasar Persentase serat kasar pada batang lebih besar daripada yang ada pada daun.ditunjukkan pada Tabel 3. Persentase rata-rata pada daun 1,93% sedangkan pada batang 3,35%. Serat kasar mengandung selulose dan senyawa sebangsanya yang tidak dapat dicerna sebaik atau secepat bahan ekstrak tanpa nitrogen (terutama terdiri dari pati) (Tillman, et al., 1986 dalam R.B. Ach. Murtada et al., 2002). Dikemukakan juga bahwa serat kasar mengandung selulose, hemiselulose dan lignin. Selulose merupakan komponen utama penyusun dinding sel tanaman bersama hemiselulose dan lignin. Hemiselulose merupakan sekelompok senyawa yang terdapat bersama-sama dengan selulose pada jaringan daun, batang dan beberapa macam biji tanaman. Lignin adalah bagian yang menjadi kayu dari tanaman seperti janggel, biji, bagian serabut kasar, akar, batang dan daun yang mengandung subtansi yang kompleks dan tak dapat dicerna (R.B. Ach. Murtada et al., 2002). Inilah yang menyebabkan bagian batang memiliki serat kasar yang lebih tinggi daripada di daun. Berdasarkan R.B. Ach. Murtada et al., 2002; keberadaan serat kasar tinggi berhungan dengan rendahnya nutrisi dan kemampuan suatu makanan untuk dicerna, tetapi memiliki fungsi dan peran yang penting pada sistem peristaltik dalam pencernaan.
Kadar Protein Rata-rata persen Protein daun 11,4817 % dan batang rata-rata 1,8915% Nilainya lebih rendah bila dibandingkan dengan jenis sayuran yang merupakan sumber protin seperti kacang hijau yang memiliki kadar protein sebesar 22,2%. Hal ini disebabkan kadar N yang terkandung di dalam protein lebih banyak terdapat di daun. Nitrogen selalu bergerak dalam tubuh tanaman. N banyak digunakan oleh daun yang masih muda dan organ yang sedang tumbuh dimana organ tersebut banyak memerlukan N seperti buah dan biji (Franklin P Gardener et al., 1991). Dengan adanya kadar protein yang diperoleh maka tanaman kalakai juga dapat menjadi salah-satu sumber asupan protein nabati bagi masyarakat yang mengkonsumsinya, terkait dengan kandungan proteinnya daun sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.
Kadar Lemak Kadar lemak pada batang lebih rendah yaitu sebesar 1,366% dan daun lebih tinggi sebesar 2,6770 %. Tingginya persentase kadar lemak pada daun disebabkan daun merupakan jaringan yang aktifitasnya tinggi. Menurut Tillman, et al., 1986 dalam R.B. Ach. Murtada et al., 2002 mengemukakan bahwa protein dan lemak pada tanaman erat kaitannya dengan aktifitas jaringan. Lemak tak jenuh penting bagi tubuh yaitu untuk cadangan energi dan proses metabolisme di dalam tubuh, sementara rendahnya lemak pada bagian batang karena didominasi senyawa selulose, lignin dan lainnya yang merupakan komponen serat kasar.
Kalsium (Ca) Pada hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa rata-rata kadar Ca di daun lebih besar dari pada di batang sebesar 182,065 mg per 100 ml di batang dan 168,775 mg per 100 ml di daun. Mineral kalsium merupakan salah satu mineral yang menunjang aktivitas metabolisme dalam tubuh. Kalsium diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, selain itu kalsium dapat mengurangi resiko osteoporosis
Besi (Fe) Hasil analisis mineral Fe pada Tabel 7 menunjukkan rata-rata Fe di daun lebih tinggi sebesar 291,3158 mg per 100 mg, dibandingkan di batang 221,4427 mg per 100 mg. Fe merupakan salah satu komponen penyusun pigmen yang ada pada daun (Franklin F Gardener. et al,. 1991). Kandungan besi dalam kalakai cukup tinggi. Mineral besi (Fe) sendiri berfungsi untuk membentuk hemoglobin yang membawa oksigen dari paru-paru keseluruh tubuh. Sehingga kalakai dapat digunakan sebagai pangan fungsional penambah darah (Prof. Dr Made Astawan, 2005). Berdasarkan penelitian Daisy Irawan, C. Hanny Wijaya, Suwido H. Limin, Yayusuki Hashidoko, Mitsuru Osaki dan Ici P. Kulu, 2003; menyatakan bahwa kalakai secara tradisional juga diketahui dapat menstimulasi produksi ASI pada ibu menyusui.
Vitamin C Jumlah rata-rata vitamin C di daun lebih rendah dari pada rata-rata di batang yaitu sebesar 219,7 mg per 100 ml dan 264 mg per 100 ml. Asam askorbat berfungsi membantu penyerapan Fe dalam tubuh, sehingga sangat sesuai dengan hasil Fe yang tinggi. Kombinasi beberapa nutrien dalam tubuh sangat diperlukan, pada plasma darah, mineral tembaga berikatan dengan seruplasmin yang mengkatalisis oksidasi Fe2+ menjadi Fe3+ yang kemudian akan ditransfer oleh protein transpor menuju hati (Belitz dan Grosch, 1999 dalam Daisy Irawan et al., 2003). Vitamin C juga berperan sebagai elektron transport, pembentukan kolagen, obat dan metabolisme steroid, metabolisme tirosin, metabolisme ion logam, antihistamin, fungsi imun, anti carsinogen, antioksidan dan fungsi prooksidan dalam tubuh. Sebagai antioksidan vitamin C dapat menetralkan radikal bebas dan penyakit kulit. Melalui pengaruh pencahar, vitamin C dapat meningkatkan pembuangan faeses atau kotoran (Daisy Irawan et al., 2003; Intisari online, http// :www.indomedia.com. 2000).
Vitamin A Jumlah vitamin A pada daun sebesar 26976.29 ppm dan di batang 10425.65 ppm. Hasil ini berkolerasi positif dengan keberadaan senyawa Fe yang dikandung daun juga jauh lebih tinggi dibandingkan batang. Keberadaan vitamin A tidak terlepas dari keberadaan derivat lainnya seperti senyawa beta karoten dan antosianin. Senyawa Antosianin juga menyebabkan pigmen kuning kemerahaan seperti yang terlihat pada pucuk daun Kalakai. Pada bagian inilah yang dominan diambil dan dikonsusmsi masyarakat dayak untuk bahan sayuran. Bahan aktif vitamin A, bermanfaat memperkuat sel kekebalan, mengatur pertumbuhan, pembelahan sel, mengurangi pertumbuhan sel ganas. Berbagai penelitian menunjukkan suplementasi vitamin A dapat menurunkan 23% angka kematian anak akibat campak, diare, dan infeksi saluran pernapasan (Kompas, 26 Februari 1999).
Uji fitokimia Dari Tabel 10. pada daun menunjukkan kandungan flavonoid lebih tinggi dibandingkan dengan alkaloid dan steroid. Hal ini diduga terkait dengan fungsi spesifik dari flavonoid yang mampu sebagai antioksidan dan sama dengan vitamin A yang lebih dominan pada daun. Pada batang alkaloid lebih tinggi dibandingkan flavonoid dan steroid. Diduga erat terkait dengan komponen kulit batang berbagai tanaman terutama tanaman obat yang kaya akan alkaloid. Fungsi Fisiologis senyawa fitokimia adalah sebagai antikanker, antimikroba, antioksidan, antitrombotik, anti-radang, merangsang sistem daya tahan tubuh, mengatur tekanan darah, mengatur kadar gula darah, dan menurunkan kolesterol (Waltz, 1996 dalam Sampoemo et al., 2000). Berdasarkan Winarno, 2002; warna- warna merah, biru, ungu pada bagian-bagian tanaman disebabkan oleh warna pigmen antosianin, yang merupakan bagian dari senyawa flavonoid. Namun warna daun kalakai yang hanya berwarna merah keunguan menunjukkan bahwa konsentrasi antosianin yang dikandung bagian tanaman tersebut rendah. Pada batang kalakai yang berwarna hijau muda diduga hanya sedikit mengandung senyawa flavonoid dan hal ini dibuktikan sesuai data pada Tabel 10. Alkaloid sejati merupakan senyawa nitrogen yang memiliki struktur kompleks dan bersifat basa. Atom nitrogen yang terdapat di dalam struktur merupakan bagian dari sistem heterosiklik dan dapat menyebabkan terjadi aktifitas farmakologis. Alkaloid jenis ini terbentuk secara biosintesis dari asam amino dan pada tumbuhan ditemukan dalam bentuk garam (Hesti Heryani, 2002). Pada tanaman sendiri, alkaloid berfungsi sebagai zat racun untuk melawan serangga atau hewan pemakan tanaman, pengatur tumbuh, sebagai substansi cadangan untuk memenuhi sumber Nitrogen atau elemen lain yang penting bagi tumbuhan, dan merupakan hasil akhir reaksi detoksifikasi dari zat yang berbahaya bagi tumbuhan (Sumiwi, 1992). Potensi Sebaran Kalakai Potensi Sebaran Kalakai dapat dilihat dari habitat Kalakai yang ada di Kalimantan Selatan. Habitat kalakai adalah di daerah rawa gambut yang secara umum disebut lahan basah. (MacKinnon et al., 2000). Daerah yang banyak memiliki rawa gambut adalah Kabupaten Barito Kuala yang luasnya menurut “Peta Rencana Tata Ruang Kalimantan Selatan” (Perda Nomor 9 Tahun 2002) adalah sebesar 155477,50 Ha.



KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkan analisis yang dilakukan baik pada komponen daun maupun batang diperoleh kesimpulan beberapa hal berikut :
1.      Daun memiliki protein dan lemak, masing-masing 11,48% dan 2,63%. Keunggulan daun yaitu tingginya kandungan mineral Kalsium dan Besi. Kandungan besi 291,32 mg per 100 mg bahan, memungkinkan sebagai pencegah anemnia. Vitamin A daun dua kali lipat lebih banyak dibandingkan batang yaitu sebesar 26976,29 ppm. Flavonoid yang lebih tinggi di daun (1,75%) memungkinkannya dijadikan sebagai antioksidan dan anti kanker.
2.      Batang memiliki keunggulan dalam hal serat kasar (3,19%). Dalam hal kandungan bioaktif, batang memilki kandungan alkaloid yang lebih besar dibanding daun yaitu 3,82%. Karena itu batang sangat terkait dengan kemampuannya sebagai anti alergi dan gatal pada kulit. 3. Berdasarkan habitat tumbuh kalakai, potensi sebaran terbesar di daerah Barito Kuala Propinsi Kalimantan Selatan yaitu sebesar 155477,50 Ha.

Saran

            Perlu dilakukan penelitian lanjutan terkait dengan produk pangan fungsional yang diekomendasikan, sehingga kandungan protein, mineral Fe, vitamin A serta senyawa alkaloid dan flavonoid yang menonjol dapat dipertahankan dan tidak hilang selama proses atau dalam fase teknologi pengolahan.




DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2001. Analisa Proksimat Bahan Pakan. Fakultas Pertanian Unlam. Banjarbaru.

Anonim.Juli 2000. Vitamin-Vitamin Untuk Tubuh. www.indomedia.com/intisari.

Anonim. Health: Saturday, 24 Sep 2005. Jenis, Fungsi, Sumber Gizi bagi Tubuh. Majalah Lisa.

Anton Apriantono dkk. 1989. Analisis Pangan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Bahti et al 1983. Isolasi dan Identiflkasi senyawa-senyawa Steroid dan Senyawa- senyawa yang Bertalian Dengan serta Senyawa-senyawa Alkoloid dari Daun Kamboja (Plumiera acutofolia Poir). Laporan penelitian. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Budzianowski et al. 1985. di dalam Gauci, K. 1998. Pharmacognosy of the local plant P. Officinalis. www. Cis. Urn. Ed. MC-plicy/sypm98/KevinGauci. Htnil-7k.

Daisy Irawan, C. Hanny Wijaya, Suwido H. Limin, Yayusuki Hashidoko, Mitsuru Osaki dan Ici P. Kulu. 2003. Ethnobotanical Study And Nutrient Potency of Some Local Traditional Vegetable in Central Kalimantan (I) dalam Proceeding of The International Symposium on Land Management And Biodiversity In South East Asia. Bali, Indonesia. 17-20 September 2005. Hokaido University. Sapporo. Japan and Research Center of Biology, The Indonesia nstitute of science Bogor.

F. G. Winamo. 2002. Fisiologi Lepas Panen Produk Hortikultura. M-BRIO Press. Bogor. Franklin P Gerdener, Pearce R Brand, Mithel Roger L. 1991. UI Press. Jakarta.

Gembong Tjiprosoepomo. 1988. Taksonomi tumbuhan (spermathopyta). Gadjah Mada University Press. Yogyakarta

Harbone, J.B. 1987. Metode Fitokimia. Penuntun Cara Modern Menganalisa Tumbuhan. Terjemahan K.Padmawinata dan 1. Soediro. ITB. Bandung.

Hesty Heryani. 2002. Kajian Fraksi Aktif Formulasi Tabat Barito (Ficus deltoidea Jack) Sebagai Anti Kanker Mikroorganisme Klinis. Proram Pascasarjana. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

MacKinnon., dkk. 2000. Ekologi Kaliamantan Edisi Ill. Jakarta Made Astawan. Prof. DR. 2002 Pangan Fungsional untuk Kesehatan yang Optimal. KOMPAS.

Martono S. 1983. Isolasi dan Identifikasi Zat Aktif Berkhasiat analgetik pada Daun Gendarussa vulgaris Ness. Laporan Penelitian. Fakultas Farmasi Univ. Gadjah Mada. Yogyakarta.
Robinson, T. 1995. Kandungan Organik Tumbuhan Tinggi. Edisi Keenam. Penerbit ITB, Bandung.

R.B Ahmad. Murtada. 2002. Analisa Proksimat Pakan Kijang. Agrosain Vol 15 (2). Hal 263-274.

Sampoemo dan Dedi Fardiach. 2000. Kebijakan. dan Pengembangan Pangan Fungsional dan Suplemen Di Indonesia di dalam Prosiding Seminar Nasional Pangan Tradisional Basis Bagi Industri Pangan Fungsional & Suplemen. Pusat Kajian Makanan Tradisional Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Slamet Sudarmadji, Bambang Haryono, Suhardi. 1976. Prosedur Analisa Hasil Untuk Bahan Makanan dan Pertanian. Liberti Gadjah Mada. Yogyakarta.

                                   . 1989. Analisa Bahan Makanan dan Pertanian. Liberti Gadjah Mada. Yogyakarta.

Sudjana, Dr, MA, Msc. 1975. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Sumiwi, S.A. 1992. Kromatografl Lapis Tiga Alkaloid dari Daun Kelor. Moringa oleifera Lamle Laporan Penelitian. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. DepartemenPendidikanDan Kebudayaan. Jakarta.


Voon Boon Hoe, Bagsci dan Kuch Hong Siong, Bagsei (1999). The Nutritional value of indigenous fruits and vegetables in sarawak. konference International Asia Pasifik Clinical Nutrition Society, Serawak Malaysia

No comments:

Post a Comment